Maandag 29 April 2013

Sejerah Etika


Belajar etika tentang komputer bagaimana kita dapat mampu belajar dan menggunakan komputer secara benar dan aman serta sesuai petunjuk. Sejarah etika komputer sendiri bermula pada tahun 1940-1950 di awali dengan penelitian oleh Nobert Winier tentang komputasi meriam yang mampu menembak pesawat yang melintas pada perang dunia ke 2, namun dalam proses ini ada pro dan kontra dalam penemuan etika komputer pada saat itu dan muncullah yang namanya etika komputer . Lalu pada tahun 1960-an dalam ungkapan oleh seorang ahli yakni Donn Parker yakni “that ehwn people entered the computer center, they left their ethics at the door”.  Pada tahun 1980-an munculah kejahatan komputer modern yakni (virus, unautoriazhed login, trojan dan masih banyak lainnya.
Pada tahun 1990 hingga saat ini lahirlah banyak bisnis dan forum pengembang untuk mengatasi masalah tersebut terutama pada virus, fake login, torja, malware dan masih banyak lainnya. Melihat itu semua banyak di dunia internet yang melakukan tindakan kejahatan seperti salah satunya di bawah ini :
  1. Virus
  2. Spam
  3. Penyadapan data
  4. Carding
  5. Danial of service (DOS)
  6. Deface
  7. Hacking
  8. Dll
Selain itu lahirnya e-commerce menjadikan sasaran empuk dalam melakukan tindakan kejahatan dalam dunia cyber salah satunya adalah banyaknya pembobolan dalam website yang berbasis e-commerce. Seperti salah satunya yang pernah terjadi pada perusahaan ebay, amazon dll.

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking